Masa Kehamilan Minggu Ke-20

Masa kehamilan di minggu ke-20 inilah separuh waktu kehamilan ibu telah dilewati. Bayi di dalam kandungan ibu kini panjangnya sudah mencapai sekitar 25,4 cm dan beratnya menjadi sekitar 260 gram.
Masa Kehamilan Minggu Ke-20
Masa Kehamilan Minggu Ke-20

Kondisi Ibu pada Masa Kehamilan Minggu Ke-20:
Pada kehamilan di minggu ke-20 ini mungkin ibu akan merasa bahwa tubuhnya semakin gemuk di beberapa bagian tubuh secara keseluruhan, bukan hanya perut saja yang berkembang, ini akibat dari meningkatnya kadar pigmen, puting susu ibu pun menjadi semakin gelap. Jangan panik jika ibu juga merasakan cenderung lebih sering merasa pusing saat bangun dari duduk dan muncul rasa sakit di bagian bawah perut.

Kondisi Bayi pada Masa Kehamilan Minggu Ke-20:

Pada masa ini banyak terjadi perkembangan pada bayi. Menurut dokter, di bawah lapisan vernix, kulit bayi mulai membuat lapisan dermis, epirdermis dan subcutaneous. Pigmen kulit bayi pun mulai terlihat jelas. Kuku pada jari tangannya mulai tumbuh. Otot-ototnya semakin kuat bersamaan dengan proses penyempurnaan paru-paru dan sistem pernafasan. Bayi di dalam kandungan bergerak sekitar 200 kali sehari, tetapi ibu mungkin hanya akan merasakan sedikit dari gerakan-gerakan ini.

Selanjutnya, Masa Kehamilan Minggu Ke-21

0 Response to "Masa Kehamilan Minggu Ke-20"

Post a Comment