Masa Kehamilan Minggu Ke-13

Masa kehamilan minggu ke-13 ini adalah memasuki trimester kedua. Keadaan pada plasenta berkembang semakin sempurna, ini semakin baik untuk menyediakan oksigen, nutrisi dan pembuangan limbah dari bayi.Tentunya ibu harus tetap menjaga kesehatan dan asupan nutrisi yang baik bagi ibu dan janin.
Masa Kehamilan Minggu Ke-13
Masa Kehamilan Minggu Ke-13

Kondisi Ibu pada Masa Kehamilan Minggu Ke-13:
Pada minggu ke-13 ini rasa letih dan mual pada ibu biasanya mulai mereda dan ibu merasa lebih menikmati kehamilan ini bahkan ibu pun merasa lebih berenergi. Jangan khawatir jila terjadi munculnya linea seperti  garis gelap yang memanjang di sekitar perut mulai dari daerah sekitar kelamin hinga pusar karena ini akibat dari meregangnya kulit dan ini sangat alami dan normal. Selain pada perut ini juga terjadi pada bagian leher yang mulai terlihat berwarna hitam semu.

Kondisi Bayi pada Masa Kehamilan Minggu Ke-13:
Pada minggu ketigabelas ini menurut dokter, jaringan dan organ yang sudah terbentuk dalam tubuh bayi tumbuh pesat dan mengalami pematangan. Di bagian jarinya berkembang menjadi jari yang unik dan telah teridentifikasi dengan baik. Begitu juga pada kelopak mata, alis, bulu mata dan kuku sudah terbentuk dengan baik. Pertumbuhan pada tulang pun berkembang menjadi lebih padat. Pada masa ini katanya bayi sudah bisa menghisap jempol, menguap, meregang di dalam kandungan, sehingga ibu bisa merasakan getaran atau gerakan bayi seperti menendang pelan. Dan kalau ibu menekan perut dengan perlahan dan ia merasakannya, bayi biasanya akan menunjukkan refleks dan bergerak seolah-olah seperti mencari puting susu.

Selanjutnya,  Masa Kehamilan Minggu Ke-14

0 Response to "Masa Kehamilan Minggu Ke-13"

Post a Comment