Larangan atau Pantangan Ibu Hamil

Pada tulisan Bunda Natrah sebelumnya, kita membahas tentang Persiapan Ibu Hamil sebelum merencanakan kehamilan, kali ini saya ingin berbagi tentang larangan atau pantangan bagi ibu hamil. Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ibu misalnya seperti makanan apa yang menjadi pantangan ibu hamil atau kegiatan apa yang menjadi larangan ibu hamil dan sebagainya.

Ibu Hamil
Ibu Hamil

Berikut ini ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari sebelum dan selama kehamilan karena dapat membahayakan janin, antara lain:
  • Memakan makanan mentah atau kurang matang. Seperti daging, telur, dan makanan yang menggunakan bahan telur mentah. Potensi penyakit yang mengancam antara lain toxoplasmosis (THORC) dan salmonella.
  • Kafein. Sebaiknya ibu menghindari mengkonsumsi kafein sebelum dan selama kehamilan, ini didasarkan pada sebuah studi di Amerika yang menyatakan bahwa minum kopi tiga gelas/cangkir sehari dengan kandungan cafein kurang lebih 300 mg, dapat menurunkan kemungkinan wanita hamil sekitar 27% dibanding dengan mereka yang tidak meminum kopi.
  • Alkohol. Meskipun jarang sekali ibu di Indonesia meminum minuman beralkohol, sebaiknya ibu berhati-hati dalam menggunakan produk-produk yang kemungkinan memiliki kandungan alkohol, misalnya ketika ibu batuk atau terserang flu, pastikan ibu meminum obat batuk untuk ibu hamil begitu juga obat flu untuk ibu hamil dengan berkonsultasi ke dokter atau bidan. Perempuan yang meminum alkohol memiliki kemungkinan rendah untuk bisa hamil. Sedangkan untuk kaum pria, minum alkohol dapat mempengaruhi kualitas sperma dengan menurunkan tingkat testosteron dan bisa menyebabkan testis layu.
  • Rokok. Masalah rokok memang sudah diketahui sejak lama sangat merugikan kesehatan, jadi sebaiknya kita menghindari lingkungan dengan asap rokok. Perempuan merokok secara langsung menurunkan kesuburan. Sebuah studi di Finlandia menemukan, bahwa 41,9% pria perokok tidak subur dibandingkan dengan 27,8% pria yang tidak merokok. Pria perokok memiliki lebih sedikit sperma ketika ejakulasi. Dan secara medis, merokok terbukti menyebabkan impotensi. Orang tua perokok juga memiliki kemungkinan untuk menghasilkan anak cacat genetik dan memiliki dua kali resiko lebih besar untuk mengidap kanker anak.
  • Narkoba. Kita sudah tahu bahwa menggunakan narkoba jauh lebih berbahaya dampaknya bagi pemakai dan untuk ibu hamil tentunya berbahaya bagi janin yang dikandungnya.
Demikian beberapa Larangan atau Pantangan bagi Ibu Hamil yang harus dihindari demi menjaga kesehatan ibu dan kesehatan janin dalam kandungan ibu di masa kehamilan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Larangan atau Pantangan Ibu Hamil"

Post a Comment