Masa Kehamilan Minggu Ke-16

Pada masa kehamilan minggu yang ke -16, menurut dokter kemungkinan bayi telah bergerak-gerak seperti main di dunianya. Mungkin bayi pada masa kehamilan di minggu ini sudah menjumpai mainan pertamanya seperti menemukan tali pusat dan mencoba bermain dengan ditarik-tarik dan dipegangnya. Ibu pastinya akan bisa merasakan gerakan bayi yang lebih lincah mungkin seperti menendang dan lainnya.

Masa Kehamilan Minggu Ke-16
Masa Kehamilan Minggu Ke-16
Kondisi Ibu pada Masa Kehamilan Minggu Ke-16:
Karena aktivitas gerak bayi semakin berkembang, biasanya ibu pun mulai mengalami rasa sakit kepala yang diakibatkan oleh volume darah yang bertambah atau bisa juga akibat stres.

Kondisi Bayi pada Masa Kehamilan Minggu Ke-16:
Pada minggu keenambelas ini, bayi sudah dapat diketahui jenis kelaminnya. Dan pada tahapan masa kehamilan ini, bayi sudah terbentuk sepenuhnya dan membutuhkan nutrisi yang mengalir melalui plasenta. Perkembangan pada tulang dan otot bayi pun sudah berkembang dan menjadi kuat. Dalam proses pembentukan ini sistem peredaran darah adalah yang pertama terbentuk dan berfungsi sepenuhnya.

Dan perlu diketahui oleh ibu, bahwa adanya perkembangan baru pada minggu ini, dimana bayi mulai sensitif terhadap cahaya atau sinar terang. Perkembangan gerakan janin pun semakin aktif, mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah mampu menelan, kencing dan cegukan.

Selanjutnya, Masa Kehamilan Minggu Ke-17

0 Response to "Masa Kehamilan Minggu Ke-16"

Post a Comment