Persiapan Ibu Hamil

Belajar dari pengalaman pribadi, kali ini ini Bunda Natrah ingin berbagi sedikit tips yang mungkin bisa bermanfaat bagi ibu yang sedang merencanakan untuk segera mempunyai momongan atau buah hati tercinta yang tentunya diidamkan oleh keluarga anda.
Ibu Hamil
Ibu Hamil
Seperti kita ketahui bahwa kehamilan merupakan karunia atau pemberian besar dari tuhan kepada setiap ibu. Hanya dengan atas kehendak-Nya, seorang janin calon bayi lucu, yang akan melengkapi hidup kita tumbuh di dalam rahim ibu. Dan sebagai ibu yang sedang hamil atau merencanakan kehamilannya haruslah mempersiapkan diri dengan baik, bersemangat dan berbahagia melakukan persiapan dan menjaga kesehatannya. Dan berdoa untuk mendapatkan keturunan yang terbaik dari tuhan.

Adapun persiapan yang disarankan untuk dilakukan calon ibu hamil diantarannya dengan pemeriksaan kesehatan 3 sampai 6 bulan sebelum hamil. Masa ini disebut dengan istilah prakonsepsi.Dengan demikian, insya Allah, calon ibu siap menerima kehadiran janin dan sehat selama kehamilannya.

Diantara berbagai persiapan menjelang kehamilan, sangat disarankan bagi ibu untuk mengetahui tentang beberapa hal penting pengetahuan tentang makanan sehat untuk ibu hamil, hamil muda, vitamin dan makanan ibu hamil yang diperlukan, pantangan ibu hamil, posisi tidur ibu hamil,
Beikut ini beberapa faktor, yang dapat membantu untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, antara lain:
  • Berat Badan yang Seimbang
  • Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bervitamin
  • Melakukan Olahraga
Perhatikan berat badan ibu sebelum hamil, karena ini akan berpengaruh pada pertambahan berat badan di masa hamil. Kelebihan berat badan ini tidak baik dan bisa mengakibatkan terjadi ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan tingkat kesuburan menurun. Sangat disarankan, bagi calon ibu hamil untuk mencapai berat badan idealnya sebelum masa kehamilan.

Beberapa nutrisi yang harus diperhatikan sebagai asupan penting bagi ibu hamil diantaranya Zat Besi, Asam Folat, Kalsium, Kolin, Omega-3 dan Omega-6. Nutrisi atau zat gizi ini banyak terkandung dalam madu dan kurma. Selain itu, nutrisi bagi ibu hamil dapat ditemukan pada susu, ikan tuna, bayam, kangkung, kacang-kacangan, dan ceker ayam (kaki ayam).

Berikut ini vitamin atau nutrisi yang penting selama persiapan sebelum kehamilan (prakonsepsi) antara lain:
  • Vitamin A. Berperan cukup penting dalam produksi sperma yang sehat. Terdapat pada hati, mentega, margarin, telur, susu, ikan berlemak, brokoli, wortel, bayam, dan tomat.
  • Vitamin D. Kekurangan vitamin D akan menurunkan tingkat kesuburan hingga 75%. Sumber vitamin D diproduksi di dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari, selain itu dapat pula diperoleh dari telur, susu, hati, minyak ikan, ikan tuna, margarin, dan ikan salmon.
  • Vitamin E. Meningkatkan kemampuan sperma membuahi sel telur dan mencegah keguguran karena perannya dalam menjaga kesehatan dinding rahim dan plasenta. Banyak terdapat pada minyak tumbuh-tumbuhan, bekatul gandum, dan kecambah atau tauge.
  • Vitamin B6. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon, padahal keseimbangan hormon estrogen dan progesteron penting untuk terjadinya kehamilan. Sumber vitamin B6 antara lain ayam, ikan, beras merah, kacang kedelai, kacang tanah, pisang, dan sayur kol.
  • Vitamin C. Pada wanita, vitamin C berperan penting untuk fungsi indung telur dan pembentukan sel telur. Selain itu, sebagai antioksidan (bekerjasama dengan vitamin E dan beta karoten) vitamin C berperan melindungi sel-sel organ tubuh dari serangan radikal bebas (oksidan) yang mempengaruhi kesehatan sistem reproduksi . Vitamin C banyak terdapat pada jambu biji, jeruk, stroberi, pepaya, mangga, sawi, tomat, dan cabai merah.
  • Zat Besi. Perkembangan janin sangat membutuhkan zat besi. Untuk itu pada masa prakonsepsi penuhilah kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi sayuran hijau dan daging merah. Insya Allah, penyakit kekurangan zat ini, yaitu anemia, dapat dihindari.
  • Seng (Zn). Berperan penting dalam pertumbuhan organ seks dan juga pembentukan sperma yang sehat. Sumber seng antara lain makanan hasil laut/seafood (seperti lobster, ikan, daging kepiting, ed.), daging, kacang-kacangan (kacang mete dan almond), biji-bijian (biji labu dan bunga matahari, ed), serta produk olahan susu.
  • Selenium (Se). Berperan penting dalam produksi sperma yang sehat. Gejala kekurangan selenium antara lain tekanan darah tinggi, disfungsi seksual dan ketidaksuburan. Sumber selenium antara lain adalah beras, bawang putih, kuning telur, seafood, jamur, dan semangka.
  • Asam folat. Mineral ini dikenal mampu menjaga kesehatan perkembangan janin pada awal-awal kehamilan. Fungsinya untuk membantu perkembangan otak dan syaraf tulang belakang janin. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau dan satu jeruk.
Untuk menjaga metabolisme tubuh ibu selalu baik dan terjaga kesehatannya selama masa prakonsepsi, pastikan ibu melakukan olahraga yang cukup, tidak harus dilakukan terlalu lama. Cukup sekitar 3 kali dalam seminggu selama setengah jam saja namun dilakukan secara rutin. Selain menyehatkan, juga mencegah kelebihan berat badan sehinggan berat badan seimbang bisa tercapai sebelum ibu menjalani kehamilan.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan untuk Persiapan Ibu Hamil. Semoga bermanfaat. Pada artikel Bunda Natrah berikutnya akan membahas banyak pertanyaan ibu yang kita rangkum tentang kehamilan seputar ibu hamil, kehamilan, makanan sehat untuk ibu hamil, hamil muda, makanan untuk ibu hamil, senam ibu hamil, makanan ibu hamil, gambar ibu hamil, pantangan ibu hamil, posisi tidur ibu hamil, obat batuk untuk ibu hamil, baju hamil modis, forum ibu hamil, foto ibu hamil, ibu hamil muda, buah untuk ibu hamil, ibu hamil.com, makanan sehat ibu hamil, makanan yang baik untuk ibu hamil, buah yang baik untuk ibu hamil, obat flu untuk ibu hamil, model baju hamil, tanda tanda kehamilan minggu pertama, nutrisi ibu hamil, susu ibu hamil, doa ibu hamil, vitamin untuk ibu hamil, penyebab kehamilan, musik klasik untuk ibu hamil, baju ibu hamil, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, masa kehamilan, gizi ibu hamil, video ibu hamil, ciri ciri ibu hamil, larangan ibu hamil, tips ibu hamil, ibu hamil melahirkan, susu untuk ibu hamil, makanan sehat untuk ibu hamil muda, manfaat air kelapa untuk ibu hamil, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil, seputar kehamilan
obat sakit gigi untuk ibu hamil, kesehatan ibu hamil, buah buahan untuk ibu hamil, pantangan ibu hamil muda
anemia pada ibu hamil, makanan yang dilarang untuk ibu hamil, doa untuk ibu hamil, manfaat madu untuk ibu hamil, permainan ibu hamil, tentang kehamilan, bolehkah ibu hamil makan mie instan, buah yang bagus untuk ibu hamil, tips hamil, lagu klasik untuk ibu hamil, susu kedelai untuk ibu hamil, vitamin ibu hamil, mitos ibu hamil, makanan ibu hamil muda, makanan untuk ibu hamil muda, makanan yg baik untuk ibu hamil, ibu hamil makan mie instan, buah untuk ibu hamil muda, nutrisi untuk ibu hamil dan lain sebagainya.

0 Response to "Persiapan Ibu Hamil"

Post a Comment