Masa Kehamilan Minggu Ke-30

Pada tahap masa kehamilan minggu ke-30 pertumbuhan otak bayi berkembang sangat cepat. Karena tubuh bayi semakin besar, gerakannya pun semakin terasa. Ketika bayi menendang atau mendorong, ibu biasanya dapat melihat kaki atau tangannya bergerak di bawah kulit perut.
Masa Kehamilan Minggu Ke-30
Masa Kehamilan Minggu Ke-30

Kondisi Ibu pada Masa Kehamilan Minggu Ke-30:
Pada minggu ini biasanya terjadi perubahan pada ibu yaitu ligamen di seputar daerah pelvix mulai meregang untuk memudahkan proses kelahiran bayi. Kondisi ini seringkali mengakibatkan sakit punggung.

Kondisi Bayi Masa Kehamilan Minggu Ke-30:

Pada minggu ke-30 perkembangan paru-paru dan saluran pencernaan bayi hampir matang. Mata bayi sudah mulai bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dan bayi sudah mulai belajar untuk membuka dan menutup matanya. Bayi pun sudah mulai memproduksi air mata dan sudah bisa melihat apa yang sedang terjadi di dalam rahim, membedakan terang dan gelap bahkan mencari sumber cahaya. Jika ibu menyorotkan sinar pada perut, bayi ibu bisa memalingkan kepala untuk mengikuti cahaya atau bahkan meraih untuk menyentuh kilauan yang bergerak. Sebagian peneliti berpikir bahwa memaparkan perut Anda pada cahaya akan menstimulasi perkembangan visual.

Pada minggu ini panjang bayi sekitar 40 cm dan akan terus menambah berat badannya sampai bayi dilahirkan.

Selanjutnya, Masa Kehamilan Minggu Ke-31

0 Response to "Masa Kehamilan Minggu Ke-30"

Post a Comment