Masa Kehamilan Minggu Ke-18

Pada masa kehamilan di minggu yang ke-18 ini, bayi ternyata sudah dapat mendengarkan suara dari luar tubuh ibu. Ia pun akan secara refleks bergerak atau terkejut bila mendengar kebisingan atau suara keras. Dalam minggu ini bayi bergerak sangat aktif dan mungkin ibu sudah dapat merasakan gerakan menendang, menekuk, meraih, berguling, atau bahkan mengisap ibu jarinya. Beberapa keluhan pada ibu sering terjadi pada saat ini namun ibu harus tetap semangat dan selalu menjaga kondisi kesehatan.
Masa Kehamilan Minggu Ke-18
Masa Kehamilan Minggu Ke-18

Perlu ibu ketahui bahwa jika bayi ibu adalah perempuan, maka organ seperti vagina, rahim, dan saluran telurnya sudah terbentuk. Dan jika bayi ibu ini laki-laki, alat genitalnya sudah jelas dan sudah bisa dikenali.

Kondisi Ibu pada Masa Kehamilan Minggu Ke-18:
Pada minggu ini nafsu makan semakin meningkat diiringi dengan bertambahnya berat badan dan perubahan fisik pada ibu. Biasanya sering muncul keluhan seperti mudah lelah, sakit punggung, pegal-pegal dan pinggang atau otot terasa linu.

Kondisi Bayi pada Masa Kehamilan Minggu Ke-18::
Menurut dokter, pada minggu ini kondisi mata bayi sudah berkembang. Bayi ternyata sudah bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim ibu. Dan dadanya bergerak kembang kempis seolah-olah bernafas. Sebenarnya hal ini bukan karena ia menghirup udara, tetapi ternyata bayi sedang menelan cairan amnion.Bayi pun mulai melakukan gerakan karena sedang mengembangkan dan melatih ototnya yang sudah bisa berkontraksi dan relaks, bayi sudah dapat menendang atau meninju. Disamping itu, hormon estrogen dan progesteron semakin meningkat.

Selanjutnya, Masa Kehamilan Minggu Ke-19

0 Response to "Masa Kehamilan Minggu Ke-18"

Post a Comment